Konser 60 Tahun UGM Peduli

October 14, 2009

Konser 60 Tahun UGM Peduli

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke 60, Universitas Gajah Mada (UGM) akan menyelenggarakan konser yang akan menampilkan World Peace Orchestra (WPO) yang dipimpin Dwiki Dharmawan hari Sabtu tanggal 17 oktober jam 19:30 bertempat di Graha Sabha UGM Jogyakarta. WPO akan diperkuat beberapa musisi internasional seperti percussionist Steve Thornton, saxophonist Joe Rosenberg dengan bintang tamu Diva Krisdayanti, gitaris Dewa Bujana, vokalis spektakuler Rafly dari Aceh, pesinden Peni Candrarini dan vokalis berbakat Dira Sugandi. Konduktor Singgih Sanjaya, Paduan Suara dan Unit Kesenian Tari Mahasiswa UGM, musisi orkestra dari ISI Jogya ikut pula meramaikan sebagai bentuk kolaborasi musisi profesional dan mahasiswa, tak ketinggalan monolog Butet Kartaradjasa.

wpo-ugm-jogya-13

WPO adalah grup musik yang didirikan oleh Dwiki Dharmawan dan baru saja merilis album pertamanya dibawah label Omega Pacific Production (OPP) yang didukung oleh banyak musisi kawakan dunia seperti Jimmy Haslip, Russel Ferrante (Yellowjackets), Roger Burn, Walfredo Reyes Jr, Michael Paulo, Steve Thornton, Lewis Pragasm dll, yang oleh Keyboard Magazine-USA di review sebagai sebuah grup musik-orchestra ‘Multi Cultural Jazz’ yang phonemenal karena berhasil memadukan komposisi musikal berbasis kekayaan tradisi Indonesia serta lintas budaya dengan jenius serta dengan mengangkat kearifan local, tema peduli, perdamaian, toleransi dan lingkungan. Tak heran bila Album perdana WPO didukung oleh musisi mancanegara dari lima benua serta di rekam di Los Angeles, Sydney, Kuala Lumpur, Beijing dan Jakarta.

I am proud of my nationalism and strongly believe in internationalism, we want our generation to always seek new ideas an innovation based on our rich traditions, culture, diversity and pluralism as given. “A Nation’s greatness is reflected in her arts and culture”. Demikian disampaikan Dwiki dalam interview nya dengan Keyboard Magazine beberapa waktu yang lalu.

Anggito Abimanyu, mengatakan WPO dipilih karena secara musikal telah merepresentasikan keragaman seni musik Indonesia dengan format jazz orchestra. Berkat UGM, sungguh beruntung masyarakat Jogya dan sekitarnya hingga dapat menikmati sajian WPO dengan dukungan penuh sponsor BNI, PERTAMINA, TOYOTA, ESIA dan XL.

Pada kesempatan ini WPO juga akan mengkampanyekan ‘Vote Komodo’ for the new 7 wonders. Pemerintah Indonesia mendorong warga negaranya untuk mendukung voting secara online untuk Taman Nasional Komodo (Komodo National Park) agar menjadi salah satu 7 keajaiban dunia yang baru kategori Alam (New 7 Wonders of Nature). Voter dapat melakukan voting melalui www.new7wonders.com.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, terus mengkampanyekan agenda Vote Komodo termasuk dalam launching Album Dwiki Dharmawan World Peace Orchestra di Gedung Kesenian Jakarta 17 Juni 2009 yang lalu. Direktur Jendral Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar, mengatakan bila Taman Nasional Komodo terpilih, dampaknya sangat positif bagi Indonesia.

Konser tahun ini diselenggarakan dengan suasana penuh keprihatinan atas musibah bencana yang menimpa Indonesia secara beruntun yaitu di Jawa Barat, Sumatera Barat dan Jambi, untuk itu konser ini ingin mendedikasilkan dan memberi empati atas terjadinya peristiwa tersebut.

60 tahun berkarya dibidang pendidikan, banyak yang telah dihasilkan UGM. Jutaan lulusan, Karya Penelitian, Buku-buku Ilmiah, Pengabdian Masyarakat di berbagai penjuru adalah bukti kongkrit sumbangsih UGM untuk bangsa, sesuai tema Dies Natalis 60 tahun UGM yaitu ‘60 tahun UGM membangun Sinergi Pelaku Pemberdayaan Masyarakat’

Harga tiket VIP A Rp 125.000.,-, VIP B RP 100.000,-, FESTIVAL Rp 40.000,- . Ticket Box di Swaragama FM (0274) 4913, KPPMA UGM (0274)747831, Eltira FM (0274)0561275, Geronimo FM (0274)51105, Kedaulatan Rakyat (0274) 565685.