Pesan Dwiki Dharmawan di Pilkada Serentak 2018

June 28, 2018

Pesan Dwiki Dharmawan di Pilkada Serentak 2018

Musisi jazz Dwiki Dharmawan tidak ikut mencoblos dalam gelaran Pilkada serentak pada Rabu (27/6). Pasalnya, dia berdomisili di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, yang tahun ini tidak menggelar pemilihan kepala daerah.

Namun, Dwiki menyoroti pentingnya partisipasi aktif seluruh masyarakat, termasuk generasi muda, dalam Pilkada. Menurut pria 51 tahun kelahiran Bandung itu, kesadaran menggunakan hak pilih amat menentukan masa depan Indonesia.

“Pilkada merupakan proses politik yang sangat penting dan strategis dalam menentukan kepemimpinan dalam lingkup provinsi, kota, dan kabupaten, agar kita mendapatkan pemimpin terbaik,” ujarnya.

Dia mengatakan, sosok yang layak dipilih adalah yang memiliki kompetensi kepemimpinan dan bukan sekadar pencitraan. Sosok itu juga harus visioner, amanah, berakhlak mulia, bersih dari korupsi, berjiwa negarawan, dan berdedikasi tinggi melayani rakyat.

Anggota grup musik Krakatau tersebut berharap seluruh peserta Pilkada dapat bersaing dengan sehat, sportif, dan berjiwa kesatria. Dalam artian, mematuhi semua peraturan serta menjauhi semua kecurangan seperti politik uang dan kampanye hitam.

Demikian pula pernyataan yang mengandung unsur kebencian atau menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Bagi Dwiki, sangat tidak elok melakukan politisasi yang mereduksi nilai-nilai luhur agama serta berpotensi memecah-belah umat dan bangsa.

Dwiki berharap pemerintah dan aparatur negara mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada sesuai tugas, tanggung jawab, dan kewenangan masing-masing. “KPU sebagai penyelenggara pun saya harapkan bisa bekerja profesional, independen, transparan, dan objektif. Memastikan seluruh tahapan dan proses berlangsung dengan demokratis, jujur, adil, tertib, dan lancar,” kata pria yang baru merilis album internasional bertajuk Rumah Batu itu.

Source :
https://www.republika.co.id/berita/senggang/blitz/18/06/27/paz8gg257-pesan-dwiki-dharmawan-di-pilkada-serentak-2018